Bersih Kali Banteng 2018 Upaya pelestarian alam & Tradisi Adat Budaya

mbah gembong 24 Juli 2018 09:40:29 WIB

Desa Wiladeg mempunyai potensi yang beragam,meskipun sumber daya alam yang dimiliki sedikit, namun memiliki potensi  lain yang layak untuk dikembangkan  Bersih Kali Banteng merupakan kegiatan untuk untuk pelestarian alam & adat tradisi yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat padukuhan Nglampar dan sekitarnya. Kegiatan ini sebagai rangkaian awal untuk acara Bersih Desa Wiladeg.

Bersih Kali Banteng masuk dalam Calendar Event Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dilaksanakan pada Jumat Legi, 20 Juli 2018; diawali dengan kerja bakti untuk membersihkan sumber mata air, lingkungan Kali & pengecatan tembok serta membersihkan petilasan Mbah Banteng. Kegiatan dimulai dengan arak- arakan/ kirab warga dengan membawa bakul yang berisi nasi uduk, ingkung & kupat serta gunungan kupat; dengan diiringi reog dari padukuhan Kenteng.Dilanjutkan penyerahan secara simbolis hasil bumi oleh Bapak Dwi Hartono (Dukuh Nglampar) kepada Kepala Desa Wiladeg Bapak Kaniyo.

Masyarakat secara sukarela membawa nasi uduk ingkung serta kupat untuk dinikmati bersama- sama sebagai wujud ungkapan syukur atas limpahan karunia yang diberikan oleh Tuhan YME.

Tamu undangan yang berkenan hadir diantaranya Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Tim monitoring desa Budaya, pendamping desa budaya kabupaten Gunungkidul, BPD Desa Wiladeg, Lembaga Desa (LPMD,PKK & Karang Taruna). Kegiatan ini sangat diapresiasi & didukung oleh dinas kebudayaan, karena masyarakat  tetap mengedepankan kearifan lokal dan menjunjung tinggi adat tradisi yang semakin lama tergerus oleh kemajuan jaman.

Harapan kedepan, kegiatan Bersih Kali Banteng tetap dilestarikan serta dikemas semakin menarik sebagai upaya pelestarian alam dan mengenalkan adat tradisi kepada generasi muda serta sebagai event untuk menarik wisatawan yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di lingkungan sekitarnya.

 

Dokumen Lampiran : Bersih Kali Banteng 2018


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung