Rasulan (Bersih Desa Wiladeg) 2018...Rukun Agawe Santosa

mbah gembong 07 Agustus 2018 10:29:12 WIB

Bersih Desa atau yang sering disebut dengan Rasulan merupakan kegiatan adat istiadat yang telah diwariskan sejak masa lampau dan masih dilestarikan oleh masyarakat Wiladeg sampai sekarang. Adat ini merupakan wujud dari rasa syukur masyarakat atas segala kelimpahan yang diberikan Tuhan YME sehingga sampai saat ini masyarakat desa Wiladeg masih merasakan nikmat yang Tuhan berikan, baik berupa panen hasil ladang, hasil bekerja, dan rejeki-rejeki lain yang telah diterima. Masyarakat sangat bersyukur dan gembira kemudian mengadakan pesta rakyat dengan menghadirkan tontonan-tontonan seni rakyat seperti reog, jathil dan lain sebagainya. Namun disamping itu, yang tidak kalah menariknya ialah dimana masyarakat bergotong royong, bersatu, saling memikul beban bersama dalam kegiatan ini, seakan tidak ada sekat baik dalam golongan, agama, ras, dan sebagainya, seperti yang telah disampaikan oleh Bp. Kaniyo, Kepala Desa Wiladeg pada saat berpidato pada acara Bersih Desa Wiladeg, 3 Agustus 2018 kemarin. 

Disamping itu, pada pelaksanaan Bersih Desa kali ini juga sekaligus sebagai pertanda berdirinya Joglo baru yang sudah terbangun yang secara resmi ditandatangani oleh Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah S.Sos. Kiranya pembangunan joglo baru ini juga dapat memperbaharui semangat gotong royong masyarakat desa wiladeg.

Setelah usai pelaksanaan Bersih Desa Wiladeg, dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola persahabatan yang dilaksanakan di lapangan sepak bola desa Wiladeg.

Dokumen Lampiran : Rasulan (Bersih Desa Wiladeg) 2018...Rukun Agawe Santosa


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung